terlarang dalam digital marketing
Tips Digital Marketing

6 Hal Terlarang dalam Digital Marketing untuk UMKM

Saat memutuskan memakai digital marketing sebagai strategi bisnis, kamu mesti  tahu hal apa saja yang terlarang dalam digital marketing. Dan meski judulnya untuk UMKM, tips berikut ini juga bermanfaat untuk semua. Simak penjelasannya.

Mengorbankan Kualitas untuk Volume

Hal pertama dan terpenting yang harus kamu ingat adalah Kualitas konten. Kualitas selalu menang atas kuantitas.

Baik Google maupun pembaca tidak peduli berapa banyak posting blog yang kamu punya. Begitu juga dengan konten di sosial media. Jika kamu membombardir calon konsumen Anda dengan postingan produk melulu ditambah dengan hardselling, maka mereka akan jenuh, akhirnya Anda akan ditinggalkan. Mereka hanya peduli dengan kualitas postinganmu.

Singkatnya, konsisten itu penting, tetapi jangan membuat orang kecewa dengan konten berkualitas rendah hanya untuk mempertahankan jumlah postingan setiap harinya. Jadi, fokus pada kualitas daripada kuantitas.

Sering Spam atau “Share” Secara Berlebihan

Berbagi memang bermanfaat, tetapi berbagi terlalu banyak atau terlalu cepat nggak ada orang yans suka. Hindari mengirim terlalu banyak email atau ‘share’terlalu banyak postingan di media sosial. Oleh karena itu kamu harus profesional dan sesuai dengan pasar yang kamu pilih.

Jadwalkan email agar tidak muncul di spam, dan berakhir di tempat sampah. Buatlah jadwal atau kalender untuk posting di media sosial.

Sering posting konten dengan cara yang hingar bingar justru akan membuat audiens bosan. Kamu berisiko kehilangan pendukung sejati. Konsisten boleh, tapi ada batas maksimal posting tiap hari nya. Jangan biarkan mereka pergi karena kamu sering spam.

Mengabaikan Website dan Tidak Update

Kamu punyai website sendiri? Jika ya, luangkan waktu untuk selalu memperbarui konten dengan rutin. Jadi bukan hanya media sosial yang butuh konsistensi, website juga butuh.

Seperti yang telah aku sebutkan di atas, websitemu adalah aset terpenting bisnis, jadi usahakan agar tetap terlihat terurus.

Tidak Optimasi Seluler / Mobile Friendly

Saat ini, smartphone tersimpan di saku semua orang. Orang-orang meninggalkan komputer dan laptop besar demi ponsel yang “ramah telapak tangan” untuk penggunaan internet sehari-hari.

Menurut sebuah survei, ada 4,66 miliar pengguna internet seluler aktif di seluruh dunia. Penggunaan ponsel meningkat secara dramatis di seluruh dunia. Dengan kemajuan pesat seperti itu,  pengoptimalan seluler menjadi sebuah keharusan.

Kalau ingin mengembangkan bisnis dengan cara digital, kamu mestik memastikan bahwa konten dan visual, serta format gambar, video, dan teks yang kamu publish, ramah seluler.

Pastikan website-mu mobile-friendly dan berfungsi dengan baik di layar tablet dan ponsel cerdas. Pastikan bahwa kampanye dan taktik pemasaranmu dirancang dengan mempertimbangkan pengguna internet seluler.

Tidak Sabar

Ketidaksabaran bisa membuat orang bijak melakukan hal-hal bodoh. Ya, digital marketing seharusnya bisa memberi hasil dengan lebih cepat dan murah. Banyak orang yang bilang begitu. Tapi tidak semua berjalan seperti itu. 

Terkadang hasilnya butuh waktu dan kamu harus tetap menjaga agar digital marketing tetap berjalan. Kamu butuh kesabaran. Jangan bertindak terburu-buru hanya untuk tercatat pecah telor tapi malah membahayakan proses usaha jangka panjang.

Keterampilan seperti SEO butuh waktu untuk menunjukkan hasil. Terlebih lagi dengan update algoritma google yang semakin manusiawi. Kamu harus sabar dan tekun. Jangan gampang tertipu trik spam hanya untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat tapi akhirnya ditutup oleh google. .

Enggan Cari Bantuan Profesional

Digital marketing itu luas dan selalu update setiap waktu. Untuk memahami semua aspeknya dan menjalankan tugas dengan benar, kamu sesekali butuh profesional. Mereka, profesional digital marketing, punya pengalaman dan justru membantu peluang suksesmu lebih besar. 

Daripada pusing dengan mengerjakan semuanya sendiri, bila memungkinkan, kamu bisa cari bantuan pakar digital marketing profesional. Dengan dibantu ahlinya, kamu juga bisa belajar lebih menyeluruh dan detil. Kalau kamu kesulitan dengan dana yang besar, kamu juga bisa ikut pelatihan-pelatihan digital marketing yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Itulah enam hal terlarang dalam digital marketing untuk UMKM atau untuk siapapun juga. Cermati dan lakukan supaya bisnismu makin berkembang. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.