SEO

Belajar Bisnis Online dari Unicorn Indonesia, Gojek

Gojek, semua orang pasti tahu dengan start up ini. Gojek telah menjelma menjadi perusahaan super apps terbesar di Indonesia. Dari pertama kali muncul, aplikasi ini sudah membuat gaya hidup masyarakat kita berubah.

Awal muncul mereka menawarkan jasa ojek yang ditawarkan secara online. Lau menyebar dan menggurita dengan kemunculan aplikasi lain yang langsung berada di bawah Gojek. Sebut saja GoPay, GoFood hingga GoSend.

Dengan banyaknya layanan yang ditawarkan oleh Gojek, masyarakat kita tentu sangat amat dimanjakan oleh semua fitur-fiturnya. Saat ini, Gojek merupakan raksasa start up dengan valuasi senilai 10 miliar dolar, kalau dikonversi ke nilai mata uang Indonesia nilai nya menjadi sekitar 100 triliun rupiah.

Aplikasi dengan lambang berwarna hijau ini tak hanya melakukan operasional di Jakarta saja, tapi sudah menyebar ke 25 kota besar lainnya yang ada di Indonesia. Mulai dari Medan, Yogyakarta, Bandung hingga Surabaya.

Dengan pesatnya perkembangan gojek di dalam dunia bisni, tentu muncul banyak pihak yang ingin melakukan benchmark atau studi banding ke sana. Langkah tersebut tentu perlu diambil agar bisnis kita miliki saat ini pun bisa bersaing di kancah nasional hingga global. Lalu hal apa saja yang bisa kita ambil dari unicorn terbesar di Indonesia ini. Berikut adalah jawabannya.

Temukan Peluang dari Kebutuhan Masyarakat
Salah santu founder gojek, Nadiem Makarim pernah mengungkapkan bahwa dirinya membuat Gojek adalah karena dirinya merasa prihatin dengan kemacetan di Jakarta yang makin hari makin menjadi.

Dari sanalah peluang pun muncul. Lahirlah gagasan untuk membuat aplikasi yang bisa membantu pergerakan atau mobilitas dari masyarakat jakarta saat itu.

Beri Solusi
Sebagai pebisnis tentu anda tidak hanya meriset atau mencari peluang saja kan? Langkah segera yang harus kita ambil adalah mencari solusi dari peluang yang ada di sekeliling kita. Yang dilakukan gojek setelah melihat peluang tadi adalah menawarkan transportasi bernama ojek.

Di Indonesia sendiri ojek ini sudah ada sejak lama, tapi disinilah Gojek mencari cara yang membuat penumpang lebih mudah menggunakan mode transportasi ini. Aplikasi ini menawarkan proses pemesanan ojek di lakukan secara online. Jadi bagi kita yang berada di kota baru misalkan, tidak perlu capek mencari pangkalan ojek, cukup buka aplikasi dan pesan lalu tinggal menunggu ojek datang.

Ojek menjadi salah satu solusi, karena mampu menerobos kemacetan di Jakarta pada waktu itu. Kemudahan pemesanan dari Gojek menjadi poin utma kenapa aplikasi ini diminati masyarakat.

Lakukan Inovasi
Saat pertama kali muncul, aplikasi ini hanya menawarkan satu layan saja, yakni ojek. Akan tetapi setelah produk ojek ini berhasil, maka gojek pun tidak berhenti untuk melakukan yang namanya inovasi.

Karena inovasi ini pula, Gojek pun menawarkan banyak layanan dalam aplikasinya. Contoh-contohnya sudah kami berikat di paragraf awal. Setelah belajar dari Gojek, saat ini kita tentunya tahu bahwa untuk membuat bisnis menjadi lebih besar, maka kita perlu menggabungkan antara kebutuhan di sekeliling kita dan lalu menawarkan solusi dari peluang atau kebutuhan tersebut.

Pada akhirnya bisnis yang dicintai masyarakat adalah bisnis yang memberikan manfaat bagi para konsumennya. Tak berhenti sampai di sana, kita selaku para pebisnis perlu untuk terus berinovasi dengan cara menemukan banyak peluang yang ada di sekeliling kita. Dengan melakukan hal demikian, maka bisnis yang kita bangun akan terus hidup.